Sabtu, 26 Januari 2013

Menyimpan Foto Mantan ??? Salahkah ???






Sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa mayoritas orang sengaja menyimpan kenangan dengan sang mantan. Mengapa demikian? Nah, menurut hasil penelitian itu perempuan cenderung untuk melakukannya dengan alasan-alasan sentimental. 61 persen mengaku mereka melakukannya untuk menyimpan kenangan manis dalam hidupnya. Sedangkan hanya 56 persen dari pria mengatakan hal yang sama.

Penelitian mengungkap fakta alasan lain yang menyebabkan wanita masih menyimpan foto sang mantan.
  •     20 persen wanita mengatakan mereka masih menyimpan diam-diam foto mantan mereka  dari          pasangannya saat ini.
  •     17 persen mengatakan mereka merasa bersalah kepada pasangan merekan karena masih menyimpan foto sang mantan.
  •     12 persen mengakui bahwa mereka masih memiliki perasaan untuk mantan mereka. Alasan ini menjelaskan mengapa mereka merasa begitu bersalah.
  •     9 persen dari wanita mengakui menyimpan foto dalam file tersembunyi pada komputer mereka.

Hubungan masa lalu adalah bagian dari Anda. Saat berpisah, Anda mungkin masih peduli dengan mantan Anda dalam arti platonis. Seperti artikel di Daily Mail mengatakan, "Pasangan yang matang secara emosional akan dapat menerima bila masih menyimpan kenangan manis masa lalu." Bagaimana dengan Anda? Mungkin Anda merasa emosi atau cemburu bila mengetahui si dia masih menyimpan foto sang mantan.

Kalau memang Anda memergoki pacar masih menyimpan foto sang mantan, sudah jelas bukan bahwa bukan berarti mereka masih memendam sisa-sisa rasa cinta? Jadi jangan panik atau marah dulu, karena toh menyimpan sebuah kenangan manis bukan hal salah. Mungkin saja, Anda sendiri yang masih menyimpan foto sang mantan, sekedar untuk mengenang saat-saat menyenangkan dahulu. Bukan masalah.Dalam hubungan itu harus ada komitmen, ada saling pengertian, alangkah baiknya mengubur masa lalu yang telah terjadi dengan membuka lembaran baru dengan kekasih baru.

Alasan responden menyimpan foto tersebut karena ingin menyoroti bagian terindah dari kehidupan mereka yang tidak ingin dilupakan. Tapi ada pula yang menyimpan foto mantan kekasih karena perasaan cinta. Ada 12 persen pria dan lima persen wanita yang mengaku tak membuang foto sang mantan karena masih mencintainya.

"Tak mengejutkan kalau hampir setengah dari kita masih menyimpan kenang-kenangan dari mantan kekasih; foto membangkitkan emosi yang kuat sekaligus melepaskan memori dari hubungan dan waktu di masa lalu," ujar psikolog Corinne Sweet, seperti dikutip dari Daily Mail.








Lalu, apakah seseorang yang masih menyimpan foto mantan kekasihnya meskipun sudah mempunyai pacar baru bisa dibilang belum sepenuhnya bisa move-on? Sayangnya menurut Corinne, iya."Ketika seseorang sudah bisa menyingkirkan foto mantan pasangannya (setelah putus, cerai atau kematian), biasanya itulah saat di mana mereka secara emosional sudah siap untuk move on."
Namun sangat dimaklumi jika orang masih menyimpan foto kenangan kisah cinta mereka di masa lalu. Sebab foto-foto tersebut adalah sebuah refleksi dari potongan-potongan kisah keseluruhan hidup mereka baik itu pengalaman baik atau buruk.Sebagian besar responden (48 persen) menyimpan gambar kenangan mereka itu di dalam foto album. Sebagian lagi (31 persen) menempelkannya di pintu lemari dan laci, dan 12 persen menaruh foto mantan kekasih di loteng atau gudang dan sisa nya menyimpan foto mantan baik di PC atau di gadged mereka.

"Hampir semua orang punya foto dari masa lalu yang ingin kita simpan; baik itu untuk diperlihatkan kepada orang atau disimpan sendiri. Foto-foto lama memang yang terbaik. Membawa kembali memori dan kilasan masa lalu, bahkan ketika kadang kita ingin melupakannya," ujar Matt Bushby, kepala situs Friends Reunited.

Berikut alasan ada wanita masih simpan foto mantan pacar:

Masih memiliki perasaan 
Beberapa wanita masih menyimpan foto mantan pacar karena masih memiliki perasaan. Mereka sebenarnya masih belum bisa “move on” dari bayang-bayang mantannya. Itulah sebabnya mereka memilih menyimpannya daripada menghapus atau membuangnya. Biasanya ini dilakukan wanita yang belum punya pacar baru.


Menyimpan kenangan mantan.

Yang sudah punya pacar baru tapi masih menyimpan foto mantan biasanya punya alasan ingin menyimpan kenangan. Mereka sebenarnya sudah tidak cinta, mereka hanya ingin mengenang masa indahnya bukan mengenang mantannya. Jangan marah dulu jika pasangan kamu masih menyimpan foto mantannya.

Merasa bersalah
Biasanya ini dilakukan oleh wanita yang ditinggal mantannya karena meninggal. Mereka menyimpan foto mantan karena merasa bersalah. Mereka merasa bersalah karena tidak bisa menjaga mantan pacarnya yang meninggal. Sebagai gantinya, wanita akan menjaga foto mantan agar tetap aman.

Untuk pamer
Mereka suka menyimpan foto mantannya hanya untuk pamer kepada teman-temannya atau bahkan mungkin juga sekedar buat membanggakan diri sendiri.Wanita ini akan merasa bangga jika teman-temannya merasa iri dengannya.Masih menyimpan foto berdua di Facebook atau di tempat tinggal ? Hal ini juga menjadi tanda bahwa  banyak wanita yang masih belum bisa move on.Ketika Anda putus dengan mantan kekasih, seharusnya foto-foto kalian berdua tidak lagi disimpan. Tanyakan pada diri sendiri, untuk apakah menympan foto lama kenangan sama pacar ? Apakah ada manfaatnya buat diri sendiri atau bahkan hubungan baru ( pacar baru )??? Jika menyimpan foto kenangan sama pacar tidak ada untungnya sama sekali, buat apa masih banyak di lakukan oelh para wanita ??

Masih cinta sama mantannya.
Banyak wanita yang masih menyimpan foto mantannya karena mereka merasa masih cinta dan sayang kepada mantannya. Biasanya yang mutusin hubungan adalah mantan.








Wanita Susah Move On

Berakhirnya hubungan asmara seseorang tentu akan menjadi suatu kondisi yang berat untuk dilalui oleh mereka. Fase kritis demikian tentu harus membuat mereka mampu untuk melewatinya. Menyimbukkan diri ataupun berkumpul dengan keluarga ataupun sahabat merupakan beberapa cara yang dilakukan oleh sebagian besar oleh mereka guna agar mereka teralihkah untuk memikirkan hubungan asmara yang telah berakhir dengan sang mantan. Jalan bersama seorang pria dengan tujuan untuk mengisi kekosongan hati mereka belum menjadi suatu kondisi yang dapat membuat mereka move on bersama pasangan yang baru. 


Hal demikian tentu menunjukkan bahwa sepenuhnya Anda belum bisa menerima hubungan asmara Anda yang telah berakhir bersama sang mantan sehingga membuat Anda belum bisa move on darinya.
Sulitnya wanita untuk move on bersama orang tentu akan semakin parah jika mereka masih menyimpan berbagai bentuk peninggalan sang mantan seperti yang paling umum yaitu dokumentasi dalam bentuk foto. Tentu Anda pun pernah melakukan hal yang sama, dimana meskipun hubungan asmara Anda sudah berakhir dengan sang mantan, namun Anda masih menyimpan foto Anda bersamanya dulu. Mungkin dengan tujuan untuk dapat dijadikan sebagai suatu kenangan yang indah. Namun sebenarnya, menyimpan dokumentasi sang mantan berupa foto, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda seutuhnya belum mampu untuk melupakannya dan bahkan Anda masih memiliki rasa cinta terhadap si dia.


Berdasarkan sebuah hasil survei yang diadakan oleh salah satu situ jejaring sosial Friends Reunited sebagai salah satu jejaring sosial yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin berjumpa dengan sahabat lama, dimana survei tersebut hanya ditujukan kepada kaum wanita saja dan ditemukan bahwa terdapat 61% wanita yang masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto sang mantan.

Sedangkan bila diperbandingkan dengan pria terhadap hal yang serupa, pada pria hanya terdapat 56 persen dari mereka yang masih menyimpan foto sang mantan kekasihnya. Tentu kuantitas dari hasil survei yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa presentasi kaum wanita yang menyimpan dokumentasi sang mantannya masih lebih besar bila dibandingkan dengan kaum pria. Terdapat pula 17 % dari kaum pria yang beranggapan bahwa menyimpan dokumentasi mantan mereka adalah suatu kesalahan yang justru dapat membuat mereka semakin terjebak dan terdapat 11 % kaum wanita juga menganggap demikian.


Responden berasumsi bahwa dengan menyimpan dokumentasi sang mantan dalam bentuk foto merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap kenangan indah yang pernah mereka lalui sebelum hubungan asmara masing-masing berakhir. Sehingga membuat mereka tak ingin melupakan salah satu momen terindah dalam hidup mereka. Tentu hal tersebut menggambarkan bahwa wanita ataupun pria yang masih menyimpan foto sang mantannya tersebut menunjukkan bahwa mereka masih memiliki perasaan cinta terhadapnya. Asumsi tersebut semakin diperkuat dengan sebuah hasil survei yang menunjukkan bahwa terdapat 12% kaum pria dan 5% kaum wanita yang mengaku masih menyimpan foto sang mantan dengan alasan karena mereka masih memiliki perasaan cinta terhadapnya meskipun hubungan asmara masing-masing telah berakhir.


Menurut salah seorang psikolog Corinne Sweet sebagaimana yang dilansir oleh Daily Mail mengemukakan bahwa, “Tak mengejutkan kalau hampir setengah dari kita masih menyimpan kenang-kenangan dari mantan kekasih; foto membangkitkan emosi yang kuat sekaligus melepaskan memori dari hubungan dan waktu di masa lalu,” ujarnya.


Corrinne pun beranggapan bahwa mereka yang masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto sang mantan meskipun mereka sudah mempunyai kekasih lagi, maka hal tersebut menandakan bahwa salah satu dari mereka belum dapat move on seutuhnya bersama pasangan mereka saat ini. “Ketika seseorang sudah bisa menyingkirkan foto mantan pasangannya (setelah putus, cerai atau kematian), biasanya itulah saat di mana mereka secara emosional sudah siap untuk move on,” tambah Corrine. 

Merupakan suatu hal yang wajar bila salah satu pasangan masih menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto mereka karena dipandangnya sebagai suatu kenangan yang tak bisa mereka lupakan. Dokumentasi yang disimpan tersebut merupakan wujud ekspresi dan refleksi seseorang dalam menggambarkan hubungan asmara dengan pasangan mereka terdahulu.
Terdapat 48 % responden yang menyimpan dokumentasi mereka dengan sang mantan dalam bentuk album foto dan 31% responden memilih untuk menyimpan dokumentasi foto mereka bersama pasangan dengan cara menempelkannya di lemari ataupun menyelipkannya di laci. Sedangkan 12% persen dari responden memilih menyimpan dokumentasi foto mereka bersama sang mantan dengan cara menyimpannya peti gudang, bahkan dengan menguburnya.


Hubungan asmara yang telah berakhir tentu akan pernah meninggalkan suatu cerita yang manis dan indah untuk dikenang. Hal tersebut tentu akan teringat dalam memori masing-masing pasangan sehingga dulunya mereka mempunyai cerita cinta yang indah. Dengan asumsi demikian tentulah mereka akan merefleksikan asmara mereka dulu dengan cara menyimpan dokumentasi foto mereka sewaktu pacaran dulu.


Kembali kepada diri kita sendiri. Apakah dengan kita masih menyimpan foto ataupun hadiah/pemberian dari sang mantan. Hubungan baru dengan pasangan kita yang sekarang ini akan baik baik saja ataukah malah runyam hanya gara gara kita menyimpan foto lama kita bersama mantan ? Lebih banyak manfaatnya kah apa yang kita lakukan ini ( menyimpan foto ) dengan hubungan baru kita ??? Anda sendiri yang tahu jawabanya.

Tidak ada komentar: